Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran

VISI, MISI, TUJUAN, DAN SASARAN
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SARJANAWIYATA TAMANSISWA YOGYAKARTA

 

Visi:

Pada tahun 2029  menjadi program studi yang unggul dalam menyiapkan sarjana  pendidikan  bahasa dan sastra Indonesia berdasarkan ajaran Tamansiswa.

Misi:

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran untuk menyiapkan sarjana pendidikan yang aktif, kreatif, dan inovatif dalam bidang bahasa dan sastra Indonesia serta berbudi luhur berdasarkan sistem among, berpusat pada mahasiswa yang berbasis teknologi informasi.
  2. Melaksanakan penelitian demi kemajuan ilmu bahasa, sastra Indonesia, dan pembelajarannya, serta kualitas dosen,  mahasiswa, dan institusi.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat sebagai penerapan ilmu pengetahuan, kebudayaan, dan seni dalam bidang bahasa, serta ajaran Tamansiswa untuk menyelesaikan permasalahan dalam masyarakat.
  4. Melaksanakan pelestarian dan pengembangan kebudayaan dengan memperhatikan keragaman budaya.
  5. Memperluas jejaring kerja sama/kemitraan, baik secara nasional maupun internasional.

 

Tujuan:

  1. Menghasilkan lulusan sarjana  pendidikan bahasa dan sastra Indonesia yang mampu merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi perangkat pembelajaran yang inovatif sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni dengan menerapkan sistem among yang berprinsip niteni, niroke, dan
  2. Menghasilkan karya ilmiah berbasis riset dan memublikasikannnya di jurnal ilmiah nasional terakreditasi maupun internasional bereputasi.
  3. Mengembangkan potensi yang ada dalam masyarakat yang mendukung pengimplementasian ajaran Tamansiswa, pembentukan karakter, serta pengembangan kebudayaan
  4. Melestarikan dan mengembangkan kebudayaan nasional dengan memperhatikan keragaman budaya.
  5. Menjalin jejaring kerja sama/kemitraan, baik secara nasional, maupun internasional.

Sasaran

  1. Terwujudnya sivitas akademika yang aktif, kreatif, inovatif, berbudi luhur dan proses pembelajaran yang mampu menghasilkan sarjana pendidikan  bahasa dan sastra  Indonesia      yang berkompeten sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi,  dan seni yang mampu menerapkan ajaran Tamansiswa.
  2. Meningkatnya hasil penelitian dan publikasi karya ilmiah dalam jurnal ilmiah terakreditasi yang dapat diterapkan dalam pembelajaran di sekolah.
  3. Meningkatnya hasil pengabdian kepada masyarakat yang sesuai dengan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.
  4. Terwujudnya sivitas akademika yang mampu menjadi penggerak kebudayaan daerah di masyarakat.
  5. Terwujudnya kerja sama yang sinergis dengan sekolah-sekolah mitra dan pemangku kepentingan  yang semakin luas.