Rabu (24/4/2019), Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) Yogyakarta menyelenggarakan Lomba Musikalisasi Puisi tingkat SMA/SMK se-Kota Madya. Lomba ini dilangsungkan di Pendopo Agung Tamansiswa, Jalan Tamansiswa No. 25 Wirogunan, Mergangsan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Lomba Musikalisasi Puisi ini diikuti oleh tujuh sekolah, yakni SMA Taman Madya, SMAN 11 Yogyakarta, SMAN 4 Yogyakarta, SMAN 3 Yogyakarta, SMA BOPKRI 2 Yogyakarta, SMKI Yogyakarta, dan SMA Piri 1 Yogyakarta. Dalam perlombaaan kali ini, panitia mengundang tiga juri untuk menilai penampilan peserta lomba. Ketiga juri tersebut yaitu Wahyana Giri MC, Ceria Handani, dan Mat Dra’i. 

Para peserta terlihat begitu antusias dan penuh semangat memainkan alat musik dan melagukan puisi pilihannya. Wahyana Giri mengungkapkan bahwa apa yang ditampilkan para peserta di luar dugaan juri. “Semua tampil di luar dugaan. Penampilan para peserta nyaris sempurna,” ungkapnya. 

Mat Dra’i juga menambahkan agar peserta lomba yang tidak mendapat juara dapat memaknai perlombaan ini sebagai awal keberhasilan pada kompetisi berikutnya. “Dalam sebuah perlombaan, tidak ada yang benar-benar kalah dan menang. Karena esensi dari sebuah perlombaan adalah melatih diri. Pemenang diminta agar lebih bersemangat dan yang ‘kalah’ diharapkan dapat menyiapkan diri untuk meraih kemenangan pada kontestasi selanjutnya. Semua peserta sudah menampilkan yang terbaik. Hal itu jauh lebih penting dan patut mendapatkan apresiasi penuh dari kita semua,” terang Mat Dra’i. (Die)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *